B. Strategi dalam Mobile Marketing.
Sebagai seorang pelaku bisnis, jika anda dapat memanfaatkan strategi pemasaran dengan perangkat mobile maka kegiatan bisnis anda akan menjadi lebih mudah dan efektif, dan efisien. Memanfaatkan media sosial atau situs web sebagai strategi pemasaran anda, merupakan cara yang tepat untuk menciptakan brand awareness. Agar pemasaran mobile berjalan efektif perlu digunakan beberapa jaringan pembuatn konten yang konstan yang berkaitan dengan platform hadware yang baru dimana konsumen dapat menerima pesan.
Dalam melakukan kegiatan pemasaran strategi yang tepat akan membantu dalam mempelancar kegiatan pemasaran itu sendiri.
Berikut ini adalah beberapa strategi pemaaran pada perangkat mobile.
1. SMS
Meskipun kini layanan chat menjamur, tapi SMS masih bertahan. Lembaga riset informa menunjukan perkiraan data jumlah pesan yang di kirim lewat aplikasi chat mencapai 50 miliar pesan per hari dan 21 miliar pesan per hari melalui SMS.
2. Aplikasi Mobile
Aplikasi mobile merupakan kemudahan di banding mobile browser. Dengan aplikasi mobile akses ke situs menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam pengunduhan. Hasil survei Google menunjukan bahwa 67% pengguna cenderung akan membeli produk atau layanan jika situs memberikan kemudahan.
Bagi para pemasar aplikasi mobile mewakili peluang tak hanya untuk meningkatkan brand awareness melalui iklan, tetapi juga untuk mengumpulkan data bernilai tentang pelanggan untuk kepentingan komunikasi.
3. Mobile usage in store
Data econsultany.com menunjukan bahwa 60% pelanggan yang sedang berbelanja digerai, diwaktu yang sama mengakses internet melalui perangkat mobile-nya mencari informasi dan membandingkan harga dan barang dalam rangka pencari penawaran terbaik.
C. Pembuatan Website dengan template pada Perangkat Mobile
Kemudahan dalam mengakses internet melalui ponsel pintar membuat kebanyakan orang tertarik untuk memliki perangkat mobile tersebut. Mobile web adalah aplikasi akses internet yang menggunakan peralatan yang berbasis browser, yang bertujuan untuk mengakses layanan data secara wireless dengan menggunakan perangkat mobile seperti handphone, PDA, dan perangkat portable yang tersambung ke sebuah jaringan telekomunikasi seluler.
1. Pengertian dan hal yang harus diperhatikan dalam mobile web
Di mana perkembangan mobile web tidak lepas dari masalah usability dan interoperability. Permasalahan interoperability di pengaruhi dab fregmentasi platform perangkat mobile, sistem operasi, mobile dan mobile browser.
Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan dalam merancang sebuah mobile website yang user friendly dalam memberikan kepuasan instan.
a. Cepat diakses
b. Navigasi yang sederhana
c. Mobile website usahakan thumb friendly
d. Mobile website harus mudah dibaca
e. Mobile website harus compatible
f. Mobile website harus local friendly
g. Website harus mudah untuk mengonversi
D. Keuntungan, Kelebihan, dan Kekurangan Mobile Mrketing
1. Keuntungan mobile marketing
a. Immediacy
b. Reliabilitas tinggi
c. Mobility
d. Effectiveness
e. Personalization
f. Cross medium form of marketing
g. Revenue generation
h. Measurable
2. Kelebihan mobile marketing
a. Perubahan dalam masyrakat yang pada kondisi saat ini lebih menerima metode mobile marketing dibandingkan sebelumnya.
b. Metode mobile marketing memungkinkan pemasaran untuk menyeleksi siapa yang ditarget, sehingga segmen yang di tuju lebih efektif.
c. Lebih mudah untuk mengukur efektivitas dari pesan yang disampaikan melalui mobile marketing.
3. Kekurangan mobile marketing
a. Banyaknya pesan yang diterima oleh target market menyebabkan mobile marketing menjadi clutte (kacau), dan dapat menybabkan rendahnya respons dari target market.
b. Pada metode tertentu seperti talemarketing, dapat menyebabkan image perusahaan menjad
Tidak ada komentar:
Posting Komentar